tempe mendoan khas purwokerto

Mendoan Purwokerto di Djago Jowo

Lagi nyari mendoan di Purwokerto? tepat sekali Anda menemukan artikel ini, baca terus sampai selesai ya agar mendapat wawasan tentang mendoan asli Banyumas yang dijamin enak dan ngangenin.

Apa itu Mendoan

Mendoan adalah makanan khas Banyumasan yang bahannya terbuat dari kedelai / tempe. Kenapa tempe mendoan menjadi ciri khas orang Purwokerto atau Banyumas pada umumnya (Purwokerto, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara)? Karena kedelai bahan yang akan dijadikan tempe mendoan dibungkus dengan daun pisang dan dibuat setipis mungkin agar hasilnya sempurna.

Dalam satu bungkus daun pisang biasanya berisikan 2 sampai 5 tingkat pipihan tempe sesuai kemahiran yang membuatnya. Ini hasilnya akan sangat berbeda jika mendoan yang dibuat tidak menggunakan cara diatas, misalnya dibuat dari bahan tempe yang dibungkus plastik, walaupun irisannya dibuat setipis mungkin hasilnya tetap akan berbeda.

menodan paling enak di purwokerto mendoan enak purwokerto

Kenapa Disebut “Mendoan”

Disebut Mendoan karena tempe goreng khas Banyumas ini digoreng Mendo (setengah matang), kata “Mendo” berarti lembek atau setengah matang. Beda lagi kalau digoreng kering (walaupun bahannya sama) itu akan disebut keripik 😄

Bahan Membuat Mendoan

Membuat tempe mendoan tidaklah sulit bagi orang Banyumas pada umumnya, selain bahan siap jadinya banyak yang menjulanya di pasar, bumbu-bumbu pelengkapnya juga simpel.

Berikut bahan untuk membuat tempe mendoan khas Banyumas:

  • Tempe (10 Biji)
  • Tepung Beras (100gr)
  • Tepung Terigu (200gr)
  • Garam (Secukupnya)
  • Penyedap Rasa (Secukupnya)
  • Daun Bawang (Sesuai Selera)
  • Ketumbar (1 Sendok Makan & Dihaluskan)
  • Kunyit (Optional – diperas buat sekitar 2 sendok makan)

Ket:

Tepung beras untuk membuat hasil ada crispynya, tepung terigu bahan yang hasilnya membuat mendo/lembek. Daun bawang dan ketumbar akan membuat hasilnya wangi dan gurih khas, sedangkan kunyit jika ingin hasilnya sedikit berwarna kuning dan ada aroma khas kunyit.

Membuatnya :

Siapkan wadah/tempat untuk membuat adonan, masukan tepung beras & tepung terigu, tambahkan air matang secukupnya (jangan air hangat/panas), masukan garam, penyedap rasa, irisan daun bawang, ketumbar yg sdh dihaluskan, dan dua sendok air kunyit.

Aduk semua bahan sampai merata, dibuat jangan terlalu encer ya agar bisa menempel dengan baik di tempe nantinya. Jangan lupa di icip dulu rasanya, apa asinnya sdh sesuai selera apa belum. Jika adonannya sudah ready, celupkan tempe kedalam adonan, bolak-balik sampai merata lalu digoreng.

Tips:

Untik hasil yang maksimal, gunakan minyak goreng yang banyak agar saat digoreng tempe bisa mengambang. Dan saat dipanaskan jangan terlalu panas, kalau minyak terlalu panas saat tempe dimasukan hasilnya akan tidak merata dan kering.

Warung Djago Jowo Purwokerto

Sebagai warung khas Jawa di Purwokerto, kami juga menyediakan mendoan anget khas Banyumas. Dibuat saat Anda memesannya, jadi Anda bisa menikmati lezatnya mendoan asli Banyumas.

Kurang lebih seperti itu cara membuat Mendoan khas Banyumas, semoga bermanfaat..

  • Purwokerto adalah pusat pemerintahan di Kabupaten Banyumas. Sedangkan istilah “Banyumasan” adalah sesuatu yang khas dari daerah di wilayah Eks karesidenan Banyumas, seperti: Kab; Banyumas, Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara.

Leave a Comment